01 Desember 2007

Kuliah Umum 2 --> Enterpreneurship

--ENTERPRENEURSHIP--

Narasumber : Buntoro (CEO PT Mega Andalan Kalasan)

Tanggal 27 November kmarin ada kuliah bersama Konsep Teknologi. Topiknya tentang enterpreneurship (kewirausahaan). Narasumbernya adalah CEO dari PT Mega Andalan Kalasan, perusahaan yang masuk ke dalam nominasi Best Enterpreneur of the Year.

Jadi sebenernya, apa sii arti dari enterpreneur? Hmm, pak Buntoro ini mengdefinisikan kata 'Enterpreneur' sebagai bagaimana seseorang memandang masa depan, mempersiapkan, dan mengeksekusinya pada saat yang tepat dan benar.
Pendekatan Enterpreneur itu sendiri ada 3 :
  • Pembimbing : Orang yang telah mempersiapkan tetapi tidak dapat mengeksekusi pada waktunya
  • Opportunis : Orang yang selalu menunggu kesempatan untuk mengeksekusi (pasrah)
  • Real Enterpreneur : Orang yang telah dapat memandang masa depan, mempersiapkan dan mengeksekusi pada saat yang tepat.
Menurut pak Buntoro, 'bukan kita yang mencari uang tetapi uanglah yang akan mencari kita juka kita dapat melakukannya dengan benar'. Sekarang masalahnya adaah definisi dari kata benar itu sendiri. Benar disini dalam arti kata melakukan pendekatan2 enterpreneur. Modal utama dari seorang enterpreneur adalah dirinya sendiri. Oleh karena itu, enterpreneur harus mampu 'menghargai' dirinya. Pantang bagi seorang 'real enterpreneur' meminjam uang atau modal dalam membangun usahanya. Keberhasilan seorang enterpreneur bukanlah ditunjukkan oleh banyaknya uang yang dimiiknya tetapi banyaknya karsa dan karya yang telah dihasilkan. Strategi awal dalam memulai usaha adalah :
Jangan berpikir (berandai2) untuk mempunyai uang, tetapi berfikirlah bagaimana dapat mendatangkan uang
Satu hal yang juga harus diperhatikan oleh para enterpreneur adalah INTERPRETASI UMUR. Oleh karena itu, jika ingin menjadi seorang enterpreneur penting untuk memulai dari sekarang (masa kuliah), agar ketika usahanya telah berjalan dia tidak akan terganti oleh enterpreneur2 muda yang umumnya lebih muda dan punya semangat yang lebih besar.

Enterpreneur juga harus berani menentukan target setingi2nya dan rasional. Tidak boleh takut akan kegagalan, karena menjadi seorang enterpreneur harus dan pasti pernah gagal. Slogan "Kegagalan adalah kesuksesan yang tertuda" akan terbukti.

Pengusaha Berbasis IPTEK ??
Mungkin

Bisnis berbasis pengetahuan meliputi 4 aspek :
    • Knowledge
    • Technology : penggunaan praktis dari pengetahuan
    • Industry
    • Business

Orang dari kalangan yang berbasis ilmu pengetahuan dapat menjadi entrepreneur yang sukses. Hal ini dapat terwujud dengan membuat sesuatu yang dapat menghasilkan uang yaitu teknologi yang bermanfaat bagi orang banyak. Teknologi hanya dapat dibuat karena adanya ilmu pengetahuan dan juga didukung oleh kreativitas yang tak terbatas. Teknologi inilah yang nantinya akan berkembang di dunia bisnis.












Tidak ada komentar: