20 September 2007

GLOBALISASI

Era globalisasi di dunia ini ternyata sudah memasuki tahap ke-3 mnurut buku 'The World is Flat'. Yang pertama adalah globalisasi yang dilakukan oleh negara terhadap rakyatnya, kedua globalisasi yang dilakukan oleh korporasi (perusahaan), dan yang sekarang ini adalah globalisasi yang dilakukan oleh tiap2 individu.

Jika globalisasi ini benar2 dilaksanakan secara sempurna maka Indonesia diprediksikan akan menempati urutan negara ke 5 termaju di dunia setelah Cina, India, Brazil, dan Jepang pada tahun 2025. Apakah mungkin??

Saat ini negara kita sedang di eksploitasi habis2an oleh bangsa asing. Lihat saja perusahaan2 besar ternama seperti schlumberger, freeport, dsb yang dengan bebasnya dapat mengambil semua kekayaan yang kita miliki. Pada tahun 2025 apa lagi yang tersisa?? masih adakah? Mngkn SDA kita sudah habis, tetapi bagaimana dengan manusianya??

Bangsa Indonesia sejujurnya adalah bangsa yang pintar dan mau berusaha (jika kepepet). Banyak orang dari luar negeri yang kagum dengan semangat dan fighting spirit dari bangsa ini. Mungkin memang harus dalam keadaan terdesak dulu kali ya, baru dapat berfikir dengan jernih..
Harus habis dulu kah SDA kita shingga SDMnya dapat maju?

Sekarang banyak sekali orang Indonesia berlomba2 untuk bekerja di perusahaan asing. Alasan manusiawi-ekonomi, masalah 'salary'. Ironisnya, orang2 Indonesia ini bekerja di dalam perusahaan yang tidak lain mengeksploitasi negara kita sendiri. Ibaratnya jeruk kok makan jeruk.

Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar: