03 September 2007

Konsep Teknologi-Part 1

Tujuan kuliah kontek ini sii katanya supaya kita2 mahasiswa/i ini jadi :
* excited ttg engineering
* membangkitkan jiwa profesionalisme
* proses desain
* komunikasi
* problem solving

Nah,yang jadi pertanyaan sebenernya ada gak sii beda antara teknisi, engineer, ma scientist? Mnurut hasil googling internet,,katanya "Seorang teknisi adalah peneliti akademis -seorang intelektual- dalam area birokrasi". Scientist bisa diartikan seseorang yang kerjanya memahami apa yang sudah ada di alam, tidak perlu berpikir dari segi ekonomis, kemasyarakatan, dsb. Tugasnya hanya pure-meneliti saja. Sedangkan seorang engineer itu suatu profesi membuat sesuatu yang sebelumnya belum ada menjadi ada tapi dengan tidak mengenyampingkan prinsip2 sosial dan hubungannya dengan lingkungan.

Oleh karena itu, seorang engineer memiliki peran penting dalam 'problem solver' yang masalahnya adalah "bagaimana Anda menghadapi suatu masalah tersebut". Seorang engineer juga dituntut untuk menjadi 'Enviromental Caretakers'-penjaga alam.

Problem yang banyak berkembang akhir2 ini tidak lain adalah 'human versus nature'. Bagaimana kita bisa menciptakan kesejahteraan di bumi ini tanpa mengganggu keseimbangan alam yang sebelumnya telah ada.

Kita banyak menemukan banyak seseorang yang berpendidikan 'engineer' tidak bekerja di lapangan engineer saja, tapi di bank maupun di perusahaan2 yang tidak sebanding dengan titel sarjananya. Hal itu disebabkan karena Engineer sendiri belajar berbagai macam hal. Cakupan yang amat sangat luas. Engineer tidak hanya belajar mengenai matematika, fisika, dan kimia saja, tetap juga mempelajari ilmu2 sosial, ekonomi, bisnis, science bahkan seni.. Sehingga mereka akan mudah dalam mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan (walaupun mungkin tidak sesuai).

Semoga kita semua bisa menjadi seorang 'Engineer' yang tetap memiliki hati nurani sehingga kesejahteraan masyarakat bisa tercapai dan tatanan hidup tidak rusak.. ;)

Tidak ada komentar: